Tips sukses bisnis online selanjutnya dari HzCrash adalah Penyebab Toko online tidak laku, atau tidak ada pelanggan yang berbelanja.
Dimanakah letak kesalahannya? Metode berbisnis online yang kurang tepat dapat menyebabkan toko online kita tidak laku meski toko online kita sudah memiliki visitor atau pengunjung yang lumayan banyak.
Salah satu hal yang bisa berakibat fatal dari penjualan online adalah proses transaksi yang berbelit-belit atau membuat customer kesulitan berbelanja di toko online Kamu.
Secara sengaja ataupun tidak, mungkin terdapat kesalahan pada bisnis rumahan atau toko online kamu seperti dibawah ini:
1. Customer kesulitan untuk checkout
Jika Kamu menggunakan fitur “add to cart” atau keranjang belanja, pastikan bahwa semua proses dari awal hingga checkout tidak bermasalah.
Jika perlu, setiap hari Kamu pastikan dengan cara mencoba membeli barang Kamu dan memproses hingga checkout.
2. Tombol hilang atau tersembunyi
Pastikan seluruh tombol/button/link yang tersedia di website Kamu tidak bermasalah, terutama link-link penting seperti “cara order”, “contact us”, dan yang lainnya tidak mengalami masalah.
3. Tampilan website rumit, atau tidak responsive
Jangan buat customer kesulitan berbelanja di website Kamu dengan tampilan website yang rumit.
Buatlah website yang sederhana, namun dengan produk yang menarik, penawaran yang menarik, dan menonjolkan keunggulan toko online Kamu dibanding pesaing dgn produk yang sama.
4. Ada Permasalahan pada produk
Sering kali Kamu tidak menyertakan deskripsi pada produk, sehingga membuat banyak pertanyaan dr pihak konsumen thd produk Kamu.
Menurut kami, toko online yang bagus adalah yang menyertakan deskripsi produk serta penawaran yang menjanjikan kepada konsumen di setiap produk yang mereka jual.
5. Salah satu konten terhapus
Pastikan setiap konten tersedia. Baik dihalaman produk, dan halaman lainnya.
Jangan sampai beberapa konten terhapus seperti : gambar produk, nomor telp, beberapa widget penting dan yang lainnya. Hal ini adalah cara bisnis online yang buruk.
6. Tidak ada halaman contact us / nomor yang bisa dihubungi.
Ini yang menurut kami paling penting, karena jika terjadi masalah, customer Kamu harus dapat langsung menghubungi Kamu.
Beberapa bisnis rumahan toko online meletakan nomor yang dapat dihubungi di setiap halaman toko online mereka, dan itu cara yang paling baik.
Suatu ketika, ada orang yang berbelanja via online dan menemukan situs Kamu melalui mesin pencari google.
Dengan fitur pencarian google, customer Kamu akan langsung terarahkan ke halaman produk.
Mereka mungkin melakukan pembelian karena barang yg ditawarkan, namun mengapa tidak ada “repeat order” dari mereka?
Kemungkinan Kamu melewatkan hal-hal yang menjadi penyebab toko online tidak laku seperti yang sudah HzCrash jelaskan pada artikel ini.
Mulailah evaluasi toko online kamu dan buat customer nyaman berbelanja di toko online kamu.
Sekian tips sukses bisnis online dari kami, semoga artikel ini dapat membantu bisnis rumahan yang sedang kamu jalankan. Silahkan share dan comment apabila kamu menyukai artikel ini.